Selama tiga tahun penyelenggaraan Pesta Blogger, rasanya memang Pesta Blogger 2009 yang paling berkesan di hati saya.

Picture 6

Bukannya apa-apa.

Di Pesta Blogger 2007 saya masih anak baru di dunia blog yang nggak kenal siapa-siapa. Di Pesta Blogger 2008 saya akhirnya bisa ketemu langsung dengan blogger-blogger yang selama setahun ini jadi akrab (setelah intens mengunjungi blog masing-masing pasca Pesta Blogger 2007). Di Pesta Blogger 2009, rasanya seperti reunian sama sahabat-sahabat lama setelah setahun nggak ketemu…

Hai sana, hai sini, teriak-teriak, foto-foto, peluk-peluk, dapet kaos, dapet pin…

Picture 8

Belum lagi di pembukaan Pesta Blogger 2009 tahun ini, yang temanya Satu Semangat Satu Bangsa itu, dinyanyikan lagu Indonesia Raya. Saat lagu ini berkumandang, tiba-tiba saya merinding. Lengan saya berbintik-bintik. Saya terharu.

PB2009

Lalu muncullah Paman Tyo. Selama tahun 2007 dan 2008, tak sekalipun Paman pernah menunjukkan wajahnya di Pesta Blogger. Kehadiran Paman di Pesta Blogger 2009 kemarin merupakan sebuah kejutan manis buat saya ๐Ÿ™‚

Oh ya, karena Pesta Blogger 2009 ini diawali dengan rangkaian blogshop (blogging workshop) di sepuluh kota, saya juga jadi terharu melihat kawan-kawan dari berbagai daerah yang sudah jauh-jauh datang ke Jakarta untuk menghadiri Pesta Blogger 2009. Terima kasih banyak, ya! Acara ini jadi meriah karena kehadiran kalian semua!

PB2009

Terima kasih juga sudah bersedia menjadi host Pesta Blogger lokal di sepuluh kota: Malang (no drak, no drak), Semarang, Bandung (subuh-subuh naik travel), Balikpapan, Samarinda, Makassar, Surabaya, Medan, Palembang, dan Yogyakarta (trending topics: hilang, hari yang sangat panjang). Sayang saya cuma sempat mampir di Malang, Bandung, dan Yogyakarta, dan tidak bisa ikut blogshop di semua kota.

Saya juga sadar, memang masih banyak sekali kekurangan dari penyelenggaraan Pesta Blogger kemarin, termasuk stok minuman yang masih kurang, ruangan yang agak panas, juga sesi diskusi yang suaranya masih sahut-sahutan antara satu kelas dengan kelas yang lain, juga naik-turunnya koneksi Internet gedung saat acara berlangsung, sehingga sesi diskusi dengan Mark Frauenfelder dari BoingBoing.net dan Corvida Raven dari SheGeeks.net mengalami hambatan.Pb2009

Apapun itu, saya merasa bangga bisa jadi bagian dari Pesta Blogger 2009. Dan sangat berterima kasih pada Mas Iman Brotoseno, manusia kursi kita yang seru banget tapi punya tanggung jawab yang sangat besar itu, juga anggota steering committee yang lain: Ong, Ndoro, Mas Enda, Mas Amril, Mbak Yati, Ichanx, Chika, dan Mbak Shinta, juga rombongan blogshops: Fany, Dita, dan Dian (US Embassy). And the Mavericks–for being so helpful and supportive!

Tapi nggak ada yang lebih gila dari melewati semua hiruk-pikuk Pesta Blogger bersama Nia dan Nena–di tengah riuh suara Ipin, Upin, dan Kak Ros *you know how much I love you both, don’t you?* (kraaaam).

Yang lebih gila lagi dan nggak bisa dipercaya sebenarnya kenyataan bahwa Coin A Chance! mendapatkan NOKIA Online Activism Award di Pesta Blogger 2009! Ini terlalu aneh buat saya dan Nia.

PB2009

Bukannya apa-apa, selama hari-hari terakhir kami memang intens ngobrol dengan NOKIA membahas Online Activism Award ini, dan sama sekali tidak curiga atau bahkan menyangka bahwa Coin A Chance! akan dapat penghargaan ini! Dan ternyata, Mas Enda dan Ndoro sudah tahu mengenai hal ini sejak sehari sebelum Pesta Blogger 2009, dan nggak bilang-bilang!

Untuk Pak Ivan Hudayana dari NOKIA, terima kasih banyak atas kepercayaan yang diberikan kepada Coin A Chance!. Ini adalah penghargaan yang ingin kami bagi juga dengan kawan-kawan yang selama ini setia mendukung Coin A Chance! dan hadir di Coin Collecting Day – Goenrock, Si Mbok Venus, Gum, Heriyadi, Rusli, Chika, Dimas, Pitra, Septi, Risna, Hentje, Mas Hedi, Chichi, Suprie, Dilla, Imam, Adit… aduh, daftarnya panjang dan nggak bisa disebutkan satu per satu.

Saya juga ingin membagi kebahagiaan ini dengan kawan-kawan di Coin A Chance! Jogja, Bali, dan Eropa. Terima kasih banyak karena telah memperluas ide sederhana ini dan membantu anak-anak agar bisa tetap sekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak.

Terima kasih semuanya, atas pengalaman yang menyenangkan di Pesta Blogger 2009 kemarin! ๐Ÿ™‚

*)foto-foto dalam empat frame dipinjam dari Facebook-nya Gage Batubara, pemenang XL Photoblog Award ๐Ÿ™‚

hanny

33 Responses

  1. Hanny… congrats ya atas hadiah dari Nokia itu.. Ah you girls deserve it!

    makasih, chic! thanks so much juga karena udah jadi pendukung setia Coin A Chance! and thanks for trusting us! ๐Ÿ™‚

  2. Han…
    Sukses ya penyelenggaraan PB2009 nya…
    Alhamdulillah bisa ikut hadir.
    Oya, sukses juga untuk Coin A Chance nya. Keren..

    makasih, bang fiko! senang akhirnya bisa ketemu, selama ini baru imel dan telponan soal anthony. makasih juga udah mau nampung dia, ya ๐Ÿ™‚ salam! moga-moga suatu hari saya bisa main-main juga ke kotamu ๐Ÿ™‚

  3. keren lah, han…kalo kata pakde totot, pb 2009 paling menarik karena bisa menghadirkan living legend a.k.a paman tyo hehehe

    iya, sayang ga tau paman mau dateng, kalo tau dibukain stand khusus untuk foto bareng paman tyo ๐Ÿ˜€ *ngitung recehan*

  4. hannyyy, slamat yaaa…
    pb2009 seru banget! g sabar nunggu pb 2010 ๐Ÿ˜€
    mmm, boleh ikut bantuin yang buwat taun depan ga?? hehe..

    iiiih boleh bangettt! beneran, yaaaa! ๐Ÿ™‚ *peluk*

  5. kak hanny selamat yaaa… dirimu memang menginspirasikan banyak hal.. *ihhiiy ihhiiy*

    kamu juga menginspirasikan banyak hal kok, dekkk *menabung ihii ihii* (duh, celengan udah hampir penuh)

  6. aaaa…sayang ga bisa ke PB, cuman ikut acara blogshopnya waktu bertandang ke Makassar. Juga sempat sumbang uang receh buat kampanye Coin a chance

    aduh, makasih, ya, saya dengar dari nia, katanya di makassar temen-temen ngumpulin receh buat Coin A Chance! di acara meet & greet, terharu banget dengernya ๐Ÿ™‚ makasih buat dukungannya, ya! semoga kita bisa ketemu di lain kesempatan ๐Ÿ™‚

  7. Kerja keras yang ndak sia-sia darimu dan temen2 panitia PB2009! Sampai sekarang masih menyisaken kesan akan keriuhan pesta itu hihihih…

    Ayo banyak2 istirahat biar cepet sembuh ๐Ÿ˜›

  8. kl saya yg paling berkesan ya PB 2009, soalnya yg sebelum2nya ga dateng.. huehe. padahal sih dateng telat, nyanyi pas lunch break, trus ngopi. jadi ga tau acaranya ttg apa.. :mrgreen:

  9. sedih memang karena tidak bisa ikut, tapi saya percaya ajang itu akan tetap bertahan… dan ada waktu bagi saya untuk datang yah..
    tapi trims, beradadisini udah share banyak disini…. mupeng banget, tapi it’s okay

If you made it this, far, please say 'hi'. It really means a lot to me! :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WANT TO SHARE WITH SOMEONE WHO NEED THIS?

READ MORE:

cup edited - polarr
Do you often find yourself feeling guilty about taking some time to rest? "We all need rest, not because it makes us more productive at our jobs, but because it makes us happier, healthier, more well-rounded people," wrote Homan.
lia-stepanova-VAqHDioGBIs-unsplash
While most of us think of the past as something that happens behind us and the future lies ahead of us, for the Aymara people, it's the other way around. The Aymara people see the past as something that lies ahead of us, and the future as something that lies behind us.
Hanny illustrator
Hi. I'm HANNY
I'm a published writer and a writing/creative workshop facilitator based in Amsterdam, the Netherlands. In Indonesian, 'beradadisini' means being here. So, here I am, documenting lifeโ€”one word at a time.

hanny

TAKE WHAT YOU NEED
WRITE & WANDER
THE JOURNALING CLUB