Suitheart  :)Mengenai kepergian itu, sebenarnya nggak terlalu penting ke mana tujuannya. Yang jadi berarti justru perjalanannya.

Mau pakai koper atau ransel, tinggal di hotel bintang lima atau di Betel Box yang sekamar berlima, yang penting kamu ada.

Aku nggak perlu juga perjalanan yang terjadwal rapi. Atau kunjungan wisata ke sana sini. Buatku setiap detik bersama kamu adalah perjalanan itu sendiri. Perjalanan hati, yang bisa berakhir di pinggir sawah pagi hari atau di warung kopi, bisa juga di sebuah bar lewat tengah malam atau sekadar foto-foto di depan candi.

Saat-saat kita mungkin menyenangkan, mungkin menyebalkan, mungkin menyedihkan. Tapi yang pasti: mengesankan. Karena yang aku cari bukan bahagia, tapi kenangan buat disimpan.

Perjalanan itu juga akan ringan. Soalnya aku nggak perlu bawa-bawa laptop buat nulis soal kamu. Nggak perlu pensil. Nggak perlu buku catatan kecil. Yang perlu aku lakukan cuma mandangin kamu–seperti selalu. Terus semua kata-kata paling indah di dunia berlompatan dalam kepalaku.

Kamu bilang aku pujangga. Aku bilang pujangga hanya memantulkan keindahan yang ada di hadapannya lewat kata-kata. Terus aku tatap kamu tepat di mata: “Jadi, aku cuma bisa ada kalau kamu ada.”

hanny

33 Responses

  1. cckkk.. kamu benar-benar pujangga han 🙂

    ..sebab jalan itu sendiri lebih penting dibandingkan apa pun yang menyebabkan kau menjalaninya.
    -Paulo Coelho-

    1. iya, tapi kenangannya layak disimpan 🙂 dan sebuah akhir itu mungkin cuma jadi awal perjalanan baru, yang bisa jadi lebih mengesankan 🙂

  2. Deretan aksaranya selalu membius.
    Senantiasa suka membaca dan menikmatinya, sekaligus mengkhayalkannya ;).
    Thanks for sharing, Hanny.

  3. Kamu bilang aku pujangga. Aku bilang pujangga hanya memantulkan keindahan yang ada di hadapannya lewat kata-kata. Terus aku tatap kamu tepat di mata: “Jadi, aku cuma bisa ada kalau kamu ada.”

    *pingsan*

    keren euy!

  4. “Jadi aku cuma bisa kalau kamu ada” …. ahhh pingin langsung meluk ……

    Keren bgt,, boleh saya kutip di blog saya ga Ka ???

    boleh dong 🙂

  5. Bossie.. Bagus deh. To Tuitttt!!!! Kindafeel a tad of sadness and longing there as well.
    A really nice piece indeed.

If you made it this, far, please say 'hi'. It really means a lot to me! :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WANT TO SHARE WITH SOMEONE WHO NEED THIS?
Share on whatsapp
Share on email
Share on twitter
Share on pinterest
Share on facebook
Share on linkedin

READ MORE:

Hanny illustrator
Hi. I'm HANNY
I'm a published writer and a writing/creative workshop facilitator based in Amsterdam, the Netherlands. In Indonesian, 'beradadisini' means being here. So, here I am, documenting life—one word at a time.

hanny

TAKE WHAT YOU NEED
WRITE & WANDER
THE JOURNALING CLUB