Berhubung ini akhir minggu, dan siapa tahu ada yang mau jalan-jalan; kalau kamu akan bertandang ke Yogyakarta akhir minggu ini, saya akan menyarankan kamu untuk mencoba dua makanan berikut ini: gudeg mercon, dan nasi langgi Bu Chandra. Memang butuh agak perjuangan mendapatkan keduanya. Untuk gudeg mercon kamu mesti rela begadang hingga pukul 2 pagi, untuk nasi langgi kamu harus sampai di sana pukul 8 pagi supaya tidak kehabisan.

1. GUDEG MERCON

Perjuangan mendapatkan gudeg mercon yang katanya enak dan luar biasa pedas itu memang luar biasa. Warung gudeg ini baru buka sekitar pukul setengah dua pagi. Ya, benar. Pukul setengah dua pagi.

Dijajakan oleh seorang ibu dari balik meja penuh baskom-baskom, kita bisa memilih mau diisi dengan apa saja nasi gudeg kita: sate, suwiran ayam, telur… semua ada. Dan tentunya, mau dikasih mercon atau tidak, alias bumbu campuran tempe dan cabe dan kerecek yang PEDAS nian.

Bikin keringetan, pastinya, tapi pasti jadi pengalaman seru buat pecinta masakan pedas! (Mohon dimaklumi kalau fotonya jelek, kombinasi lapar dan ngantuk sangat memang nggak mendukung, hehehe)

2. NASI LANGGI BU CHANDRA

Kalau untuk yang satu ini, sambangilah toko kecil Bu Chandra pagi-pagi, sekitar pukul tujuh hingga setengah delapan. Kita juga bisa memilih isi nasi langgi: telur, empal, ayam… wah, macam-macam!

Nasi langginya enak banget, rasanya gurih, dan semua lauk-pauknya empuk. Sambelnya pas pedas, manis dan asin. Terus ada juga keripik cabe-nya yang bikin rasa nasi langgi ini makin sulit dilupakan πŸ˜€

*nulisnya aja bikin pingin balik lagi dan pesan gudeg mercon dan nasi langgi, yang memperkenalkan saya pada kedua makanan ini tolong tanggung jawab!* T_T

Selamat jalan-jalan dan makan-makan! πŸ˜€

hanny

9 Responses

  1. kalau di jakarta saya paling suka gudeg adem ayem hehehe dulu sih kreceknya juga puedesss buanget. Tapi terakhir kemarin beli perasaan ngga sepedes dulu ya πŸ™‚

  2. ugh…nasi langginya bener-bener bikin ngiler. :drooling:
    lupakan gudeg mercon. bangun pagi2 buta hanya untuk menikmati makanan yang menyiksa? enggak lah πŸ˜†

    1. loh kata siapa bangun? justru tetap terjaga hingga pagi-pagi buta hihihihi kalo tidur dulu sih emang biasanya udah lewat ga mau bangun lagi πŸ˜€ jadi harus bela-belain ga bobo πŸ˜€

  3. I can definitely vouch for Nasi Langgi Chandra. Yummylicious to the max. But they close by 9am so go there early, unlike me who was sent there late and had none the first day *ahem*

If you made it this, far, please say 'hi'. It really means a lot to me! :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WANT TO SHARE WITH SOMEONE WHO NEED THIS?

READ MORE:

cup edited - polarr
Do you often find yourself feeling guilty about taking some time to rest? "We all need rest, not because it makes us more productive at our jobs, but because it makes us happier, healthier, more well-rounded people," wrote Homan.
lia-stepanova-VAqHDioGBIs-unsplash
While most of us think of the past as something that happens behind us and the future lies ahead of us, for the Aymara people, it's the other way around. The Aymara people see the past as something that lies ahead of us, and the future as something that lies behind us.
Hanny illustrator
Hi. I'm HANNY
I'm a published writer and a writing/creative workshop facilitator based in Amsterdam, the Netherlands. In Indonesian, 'beradadisini' means being here. So, here I am, documenting lifeβ€”one word at a time.

hanny

TAKE WHAT YOU NEED
WRITE & WANDER
THE JOURNALING CLUB