Coin A Chance!

CAC-5Years

A social movement / online activism launched in 2008 to collect coins and loose changes–resulting in “a chance” to send less-fortunate kids back to school. The movement have also been adopted in Yogyakarta, Semarang, Makasar, Padang, and other cities in Indonesia. Received an award from Nokia Indonesia as The Best Online Activism 2009 during Pesta Blogger 2009, an award from Merck for their #KlikHati program in 2010, became one of the finalist in Liputan 6 Award for Education category in 2010, and became Gatra magazine’s icon for social sector in 2010. The movement had also made its way to one of Indonesia’s most respected and prestigious talkshow, KickAndy in Metro TV as well as cooperating with several companies such as PT. Latinusa, Coca-Cola Indonesia, Nivea Men, The BodyShop Indonesia, XL Axiata, and Citibank Indonesia.

___

Coin A Chance! merupakan sebuah gerakan sosial yang diawali di Jakarta pada Desember 2008. Saat ini, gerakan yang sama telah resmi diadopsi di Jogjakarta, Bali, dan Eropa (Jerman dan Belanda).

Pada tahun 2009, tepatnya dalam ajang Pesta Blogger 2009, Coin A Chance! mendapatkan penghargaan dari NOKIA Indonesia sebagai The Best Online Activism 2009.

Melalui gerakan ini, kami berusaha mengajak kawan-kawan, kerabat, keluarga, juga para netters (blogger, plurker, facebooker…) untuk mengumpulkan ‘recehan’ atau uang logam yang bertumpuk dan jarang digunakan. Uang yang terkumpul akan ditukarkan dengan ’sebuah kesempatan’ bagi anak-anak yang kurang mampu agar mereka dapat melanjutkan sekolah lagi.

Picture 7

Klik di sini untuk bergabung dengan Facebook Group Coin A Chance! atau di sini untuk kawan-kawan yang berdomisili di Jogjakarta.

***

Kamu bisa mengikuti perkembangan Coin A Chance! melalui blog ini, dan jika kamu atau kenalanmu kebetulan  mempunyai setumpuk ‘recehan’ atau uang logam yang rasa-rasanya tak akan dipakai untuk berbelanja dan sudah tak muat lagi disimpan di dalam dompet, ayo tukarkan koinmu dengan kesempatan melanjutkan sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu!

Jika kamu bergabung, kesempatan yang dimiliki anak-anak Indonesia untuk bersekolah kembali akan lebih besar, lho!

Picture 8

How to Participate?

Ada dua cara untuk berpartisipasi dalam gerakan Coin A Chance! ini.

Yang pertama, sebagai coin droppers, yakni mereka yang ikut menjatuhkan koin-koin ke dalam stoples untuk dikumpulkan. Koin-koin yang terkumpul ini akan diserahkan kepada Coiners untuk digabungkan dan disalurkan.

Picture 9

Yang kedua, sebagai Coiners.

Sebagai Coiners, kamu bertanggung jawab menggerakkan orang-orang di sekitarmu untuk mulai mengumpulkan koin. Misalnya, di kantor, kamu mengorganisasi pengumpulan koin-koin ini, dengan meletakkan stoples khusus di salah satu sudut,  lalu menyebarkan pemberitahuan mengenai Coin A Chance! via email kepada teman-teman sekantor agar mereka bisa mulai memasukkan koin-koin ke dalam stoples tersebut.

Hal yang sama juga bisa dilakukan di sekolah (jika kamu adalah seorang siswa), di kampus (jika kamu mahasiswa), di tempat les, atau dilakukan bersama komunitas blog, keluarga besar, kelompok arisan, kelompok pengajian, kelompok persekutuan doa, kelompok futsal, dengan teman-teman satu tim basket, saat kopdar blogger atau plurker atau twitter… ah, kamu bisa melakukannya dengan siapa saja!

Picture 10

Sebagai Coiners, kamu akan bertanggung jawab secara pribadi kepada kawan-kawanmu (yang koin-koinnya kamu kumpulkan) mengenai penyaluran uang yang berhasil didapatkan. Kamu bersama kawan-kawan akan menghitung jumlah koin yang didapatkan pada kurun waktu tertentu, kemudian kamu (bisa bersama kawan-kawan)  juga berperan untuk mencari anak kurang mampu yang hendak kamu bantu bersekolah kembali.

Sebagai Coiners, kami juga ingin kamu bertugas menulis cerita tentang gerakan Coin A Chance! kamu. Sertakan informasi mengenai siapa kamu, siapa kawan-kawanmu yang berpartisipasi dalam gerakan ini bersama kamu, di mana kamu mengumpulkan koin dan bagaimana suka-dukanya, berapa lama waktu pengumpulannya, berapa jumlah uang yang didapatkan, kepada siapa akan disalurkan, siapa anak yang kurang mampu ini dan seperti apa profilnya, kemudian sertakan pula informasi dalam bentuk apa bantuan diberikan (membayar uang sekolah, membayar ujian, membeli buku pelajaran, membeli seragam atau sepatu sekolah).

Picture 11

Kirimkan cerita di atas (dengan foto-foto) ke info[at]coinachance[dot]com, dan semua ceritanya akan kami publikasikan di sini! ) Tentu, jika kamu memiliki blog pribadi, kamu juga dapat mengunggah ceritanya di sana–tetapi informasikan juga kepada kami, ya! ;)

Thanks again for participating!

*) secara reguler, Hanny dan Nia juga akan menjadi Coiners terutama untuk wilayah Jakarta, Bogor, Bandung, dan sekitarnya (walau tak menutup kemungkinan suatu waktu kami dapat singgah ke daerah-daerah lainnya untuk kumpul-kumpul dengan para coin droppers dan Coiners di daerah masing-masing).

Jadwal pengumpulan koin alias Coin Collecting Day bersama Hanny dan Nia bisa dilihat pada side bar Coin Collecting Day di blog ini. Jika kamu adalah Coiners di kota lain dan hendak mengadakan hari pengumpulan koin, bisa beri tahu kami, dan akan kami pasang juga jadwal kalian di blog ini.

Note

Kirimkan saja email ke info[at]coinachance[dot]com sekiranya kamu membutuhkan informasi lebih banyak mengenai Coin A Chance!

PS: Jadwal dan lokasi pengumpulan uang logam Coin A Chance! dapat dilihat di blog ini. Pertanggungjawaban dan alokasi dana yang didapatkan dari Coin A Chance!, siapa saja penerimanya, dan dalam bentuk apa bantuan diberikan, akan dipublikasikan juga secara transparan di sini.

16 thoughts on “Coin A Chance!

  1. dirumah koin 50 rupiah banyak, bekas kembalian dari supermaket. kalo 500 logaman biasanya gw buat mr cepek atau pengemis…habis itu buat apa lagi ya?? pengen juga coin a chance nya …ikutan..

  2. good idea!!! nice.. ternyata kebiasaan nabung di kost untuk makan di akhir bulan malah lebih berguna lagi dengan pengelolaan kayak gina yak…? salut2… hehehe

  3. good….
    ternyata virus ‘receh’ itu menular pada diri Hanny dan Nia serya rekan2 yang terinfeksi… sejatinya hal yang sama sudah dan pernah saya lakukan pertengahan Agustus 2008 lalu di TK tempat anak saya, ketika menjadi pengurus POMG meski dianggap gila dan kontroversi, namun alhamdulillah hasil pengumpulan itu meski tak besar bisa dibelikan alat pendidikan untuk sekolah… dan mudah2 program itu bisa dilanjut oleh pengurus berikutnya. semoga gerakan ini selalu dilandasi dengan keikhlasan….
    btw: inspirasi recehan ini datang dari mana Hann? jangan2 kita sama2 orang yg dianggap bodoh, mengada-ada bahkan gila. hehehehehe…keep spirit

    • wah, senang bercakap dengan seseorang yang punya pemikiran serupa. inspirasinya sebenarnya datang karena saya dan Nia sama-sama punya stoples yang sudah penuh berisi uang recehan, lalu kami pikir, uang sebanyak ini bisa diapakan, ya? pasti bisa dipergunakan, dong. dan karena kami sama-sama concern dengan pendidikan, kami pikir ada baiknya uang tersebut digunakan membantu anak-anak agar bisa melanjutkan sekolah. karena banyak kawan-kawan ikut membantu dan menyumbang recehan masing-masing, gerakan ini bisa berjalan sampai sekarang :) salam koin!

  4. Bagaimana bisa mengundang Mbak Nia atau Mbak Hanny untuk menjadi narasumber? Kami sebuah LSM di Yogya akan menyelenggarakan pelatihan untuk beberapa organsiasi para penyandang cacat (tuna netra, tuna rungu, tuna daksa, dsb) dari berbagai propinsi di Indonesia tentang strategi penggalian dana agar mereka tidak tergantung pada donor dari Luar Negeri dan bisa menggalang dana dari masyarakat untuk membantu anggota-anggotanya para penyandang cacat. Acaranya akan di selenggarakan di Yogya, minggu ketiga Mei 2012, dan mengharapkan Mbak Nia atau Mbak Hanny atau salah satu pegiat Coin for a Chance untuk bisa jadi narasumber. Mohon dengan sangat bantuannya untuk bisa sharing aktivitas coin for a chance dan kiat-kiatnya di Acara tersebut.

  5. Pingback: Four years and counting. « @beradadisini

  6. Pingback: » Selamat Hari Pendidikan Nasional id-personalmba

  7. Pingback: SOCIAL NETWORK | fauziaputri

Talk to me. Say hi. Leave traces.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s