:: tips mengatasi isu memory low di Nokia N73

Masih ingat dengan isu memory low di Nokia N73 saya? :D

Sementara ini isu bug itu sudah terpecahkan, berkat bantuan Pak Hasyim dari Nokia yang menelepon saya untuk memberikan solusinya. (Makasih, Pak Hasyim!) Nah, jika kebetulan Anda mengalami masalah yang sama, demikian tips dari Pak Hasyim, ditambah beberapa input dari saya:

1. Anda harus memformat ulang Nokia N73 Anda

2. Hal ini akan menghilangkan contacts dan SMS serta setting telepon yang sudah Anda simpan

3. Saran saya: copy dulu seluruh contacts ke dalam memory card

4. Matikan handphone, lalu keluarkan memory card

5. Nyalakan lagi handphone Anda

6. Berdoalah

7. Ketik *#7370# (bintang pagar tujuh tiga tujuh kosong pagar) lalu tekan tombol OK (tombol hijau untuk menelepon di sisi kiri)

8. Anda akan diminta memasukkan security number. Nomor default adalah 12345. Jika Anda sudah mengubahnya, masukkan security number Anda sendiri.

9. Handphone Anda akan terformat ulang dan mati.

10. Tunggu beberapa saat dan nyalakan lagi handphone Anda.

11. Gunakan seperti biasa. Anda harus mengatur kembali date/time, setting profile, dan lain-lain.

12. Matikan lagi handphone Anda, lalu masukkan kembali memory card.

13. Nyalakan lagi :)

Niscaya, isu memory low itu akan terpecahkan :) Dan saat ini saya rasa (dan harap) isu tersebut sudah dapat teratasi, buktinya saya sudah bisa mengambil banyak foto-foto dengan Nokia N73 saya itu lagi.

Jadi, semoga bermanfaat. Sekian tips dari saya dan Pak Hasyim. Over and out!

89 thoughts on “:: tips mengatasi isu memory low di Nokia N73

  1. wah ternyata kode itu juga bisa dipake buat hape2 baru kayak N73 to… baru tau..

    kirain cuman bisa dipake buat nokia versi lama… soalnya N-gage saya kalo error benerinnya juga pake kode itu :p

  2. @blackberry couple:

    minuman ringan telepon genggam – apa hubungannya?
    ini sebuah teka-teki, jawabannya ada di bawah sini:
    jika beruang kutub dulu pernah bintangi iklan coca-cola
    anjing laut nonadita kini tengah bintangi iklan blackberry

    **** deuuuu prikitiw prikitiw… makan-makannnn!!! ****

  3. kalau hp nokia 3650 ku yang botot itu bisa dipasangi memori card ga??
    *ngarep dot com

    klo saya beli kamera tersendiri buat foto2. Biar lebih keliatan seperti fotografer.heheheheh
    salam

  4. Baru inget.. di ‘hard reset’ ya..? nanti kalau masih kumat di ‘flash’ aja..

    nge-flash gimana caranya? hehehe :D

  5. nge-flash gimana caranya? hehehe :D

    pake flasher han, biasanya untuk repair software hp: sim lock, lupa code key dll.. namanya tornado ufs, trus pake kabel data, sambungin ke hp. prosesnya seperti install o/s di pc.

    di sini, di konter2 aplikasi hp yang ada flasher-nya bisa, tp kalo ga mau ribet, bawa aja ke tukang sevis :)

  6. Baru ngalamin minggu lalu…
    Pas di cek karena memory internal kelebihan data di program Nokia Blog… Hmmm… mo diapus aplikasinya… sayang [walau gak pernah kepake juga]… abis buka tuh program terus keluar… otomatis memory berkurang banyak… Hmmm… aneh :)

    Rasanya sih karena foto2 dipindahin ke komputer [copy paste manual] sebelumnya… tapi di nokia life blognya gak otomatis bersih… makanya ada aja yang masih nyangkut di aplikasi itu…. sampai aplikasi tersebut dijalankan…

    Tapi tetep sih pengen hard reset :p
    Nanti deh… belajar dulu cara upgrade firmware…
    Hihihi… dari awal beli [generasi N73 pertama] sampai hari ini masih betah aja dengan firmware tersebut….

    Btw… aplikasi Nokia Life Blog kalau di remove… bisa buat hidup tentram gak ya :D

  7. Makasi bnyk bt infonya..saya jg sering menglm bug dgn n73 sy..ampe kdg2 sy banting tu hp sanking kesalny..hehehe..tp kdg2 bbrp x sy tokok2 simcardny,sy gosok2 batreny dan saya tiup2 hp nya..dan dgn ditamba berdoa akhrny ilang juga bugny..hehehe tp smntr ini bugny (mdh2n)ga muncul lg..

  8. saya pengguna n70..sedang ada masalah ini…masalahnya memory full, delete some data padahal di memory telepon cuma save contact dan sedikit aplikasi… tapi kok memory dah full ya?saya sudah coba di reset ulang tetapi setelah seminggu terjadi hal yang sama lagi, memory full, delete some data…gmana ngeberesinnya ya brow??btw nge flash gunanya buat apa?turs kolo upgrade firmware mesti ke nokia center ya ato bisa upgrade ndiri???

  9. Pingback: :: kabar duka N73 « Di Sini.

  10. Hi, aku juga mengalami masalah yang sama mengenai nokia n73 ku yang black parade/ musik series, memory selalu low pada waktu akan di format ulang security numbernya selalu salah padahal harusnya 12345, padahal hp ku ini aku beli enggak second loo. . sialnya lagi hari ini hp ku juga bermasalah lagi, masalahnya ketika dihidupkan ternyata enggak bisa nyala lagi. tadi sempat keluar tulisan nokia diawal start up, terus tulisan nokia hilang dan layar nyala terus enggak bisa mati, padahal seharusnya setelah tulisan muncul logonya nokia itu yang ada orang jabat tangan. gimana ya apa ada solusi buat saya?

    mohopn bantuannya.

    txs

    • Langkah-langkah untuk “hard reset” melalui kode rahasia :
      Anda mungkin membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu menekan tombol.

      1) Matikan telepon.

      2) Tekan 3 buah tombol “secara bersamaan” yaitu : tombol CALL, tombol BINTANG (*), dan tombol angka 3.

      3) Jangan lepaskan 3 tombol tersebut.. sampai pada langkah no 5).

      4) Tekan tombol POWER pada telepon lagi… dan tunggu.

      5) Setelah logo NOKIA muncul, “Formatting …” kata kunci akan muncul setelah beberapa menit. Nah.. sekarang aman untuk melepaskan 3 tombol yg dari tadi ditekan.

      Akhirnya, N73 anda telah terformat (hard reset) dan HP siap untuk dikonfigurasi seperti kondisi awal HP yg baru dibeli….!

  11. Hi, aku juga mengalami masalah yang sama mengenai nokia n73 ku yang black parade/ musik series, memory selalu low pada waktu akan di format ulang security numbernya selalu salah padahal harusnya 12345, padahal hp ku ini aku beli enggak second loo. . sialnya lagi hari ini hp ku juga bermasalah lagi, masalahnya ketika dihidupkan ternyata enggak bisa nyala lagi. tadi sempat keluar tulisan nokia diawal start up, terus tulisan nokia hilang dan layar nyala terus enggak bisa mati, padahal seharusnya setelah tulisan muncul logonya nokia itu yang ada orang jabat tangan. gimana ya apa ada solusi buat saya?

    mohon bantuannya.

    txs

  12. Hey, it works for me…
    Om google ngarahkan aku ke mari, dan taadaaa… 44M lenyap sudah, “sisa” 7M!
    Tengkyu om, buat tips nya!!

  13. alah.,,.mak nyooossssssssssssssss.,,.
    bner2 deh.,n73 gw lgsung jlan normal lg,smpe2 lari-larii.,.
    gw bnyakin doa smp 100x.,cpe seh tp hsil nya maytayb.,,.hoho.,hoho

  14. coba ja kamu update to nokia N73 versi terbaru pakai software yang udah disedia’in nokia…trus jgn lupa kalau up date data yang penting disimpan dahulu…

    untuk info lanjut hub :
    085746136125..

    good luck..

  15. sama kayak aku mb .
    aku malah diformat orang lain di tempat servis hp [badget:15ribay]
    hasilnya ?
    samaskali gag memusakan .
    aplikasi dr simcard banyak, yang hilang. padahal udah dilepas
    trus makin hari mem telepon makin naik 1 mb / hari
    gokil gak ?

    ada ide gak mb ?

    pake tips ini aja, berfungsi dengan baik, kok (setidaknya untuk saya :)

  16. Saya Ruli, tinggal di Serpong 38 tahun, karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. Diawal Februari 2008 lalu saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan aneh, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA, saya colokkan beberapaka kali ke PC dan Laptop. Ternyata hasilnya sama saja & ada bunyi kletak-kletek. Takut ada apa-apa, saya tidak berani otak-atik lagi.Atau menuruti semua tips dari internet. Karena semua tips itu belum pasti alias belum ada jaminan data-data saya pasti akan selamat! Mungkin saja kondisi hardisk justru makin parah!

    Dari pada ambil resiko. Akhirnya saya coba membawa ke tempat yang lebih professional dan dipercaya, yaitu layanan recovery data di daerah Harco Elektonik Mangga 2. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya sempat kaget, ternyata mereka telah gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakan pada piringan hardisk saya sudah parah, katanya banyak tergores. Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya dan mencoba merecover lagi ke tempat lain. Ternyata sama.Mereka gagal. Beberapa tempat saya coba, sama saya terakhir saya coba lagi antar ke daerah bilangan Jl.Setia Budi Sudirman. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka mengaku-ngaku yang terbaik di Jakarta.

    Entahlah saya hampir putus asa. Saya bingung sekali harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba mencari di Internet, di salah satu iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media situsnya http://www.everezta.com dan saya coba telpon dulu. Mereka meminta saya diminta mengantar harddisknya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka , akan dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil ke alamat kantor saya. Saya pun harus sabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

    Keesokan harinya saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka menelpon kepada saya, kalau harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, katanya keberhasilan minimal 80% bukan 100% lagi dan waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya sudah sangat parah secara fisik (katanya tidak terdetek BIOS dan banyak sekali BAD SECTOR) untung saja belum dibongkar mangkoknya. Mereka langsung saja mengajukan biaya sebesar 5 juta rupiah yang cukup mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya, mahal sekali padahal tidak seperti di tempat – tempat lain jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali sempat saya mau membatalkan. Saya juga coba tawar harganya. Tetap saja mereka tidak mau agar biayanya lebih murah, dengan alas an kerusakannya sangat berat : bunyi “knocking down” ; kadang-kadang/sering minta F1 dengan pesan secondary/primary disk failure”. Katanya, kalau kasus standar dan belum pernah dibongkar dan diutak-atik dengan cara apapun. Akan jauh lebih murah, yaitu cuma Rp. 350.000,- sampai 1,5 juta rupiah. Karena terpaksa. Pikir saya, harus kemana lagi saya coba merecover data – data penting saya dengan harga jauh lebih murah, sementara nyaris semua, sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnaya mau-tak mau, saya harus menyetujui untuk membawar 5 juta rupiah, asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan.

    Setelah menunggu kurang lebih seminggu, akhirnya mereka (pihak Everesta Media), menelpon lagi kepada saya, memberitahu sudah selesai data saya diselamatkan, diminta saya membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Kesesokan harinya, mereka akan antar data-datanya ke kantor saya siang hari. Diminta juga, saya segera menyiapkan pembayarannya secara tunai 5 juta rupiah. Saya tidak mau rugi, saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya awalu sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar, mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya. Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir. Hebat juga Everesta Media, walaupun biaya recovery datanya cukup mahal tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun begitu, sebenarnya saya cukup puas dengan harga 5 juta rupiah, karena pihak Everesta Media berhasil menyelamatkan data-data penting saya bahkan yang sudah dihapus sekalipun. Ataukah pihak http://www.everezta.com sedang beruntung ketika itu? coba saja dulu oleh anda, baru percaya. Entahlah kenapa, sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah. Ruli; Mohon maaf lagi ya , bukan bermaksud untuk membuat yang lain marah atau tersinggung, hanya sekedar tukar pengalaman semoga berguna. Terima Kasih.Serpong (29-2).

  17. kalo lupa sama security code nya krn sdh di rubah gimana?
    trus,,kalo dicoba terus tetapi gagal/eror ada kemungkinan ter blok tdk hp nya?

    terimakasih dari pedalaman cilacap

    kalo gitu coba konsultasi aja ama service center nokianya, mas.

  18. saya ada beberapa pilihan (lebih dari 3) security code, kalo saya masukan satu persatu, saya yakin pasti ada salah satu yang benar,,masalahnya….di urutan ke berapa security code tsb yang benar saya tdk yakin. soalnya setelah 2 kali saya coba masukan, muncul notifikasi yang isinya berupa peringatan (apa saya jg tdk jelas), krn ada tulisan “5 detik” akan terblok…

    Apa benar…???, mohon informasinya

    terimakasih dari pedalaman cilacap

    • @andi: wah maaf saya ga bisa kasih pendapat soal ini. saya juga orang awam soalnya :) konsultasi langsung sama nokia service center aja, ya. sorry belum bisa bantu.

  19. tlong donk!!!
    hp nokia 3650 saya gak kuat nyala cuma da tulisan nokia doanj truz mati,gmna cra bnernnya y???tlong y!!!!

  20. masih g bisa..
    tetep aja seperti semula..
    kurang sip ah carax..
    cari cara yang jitu donk..
    soalx saya sudah coba beberapa kali seperti yang anda cantumkan *#7370#..
    sampai sekarang g bisa..
    posang engkok..

    kalo mau yang jitu langsung bawa ke nokia service center aja, mas.

  21. *#7370# emang berfungsi, tpi cuma buat setingan awal hape,

    pas hape lg mati, miniSD ud dilepas, teken aja tombol call + 3 + * + tombol power, tahan sampe nyala.
    Tahan terus,

    walhasil memory berkurang lumayan gede.

    Instal aja file explorer, keliatan berkurangnyah, :)

  22. makasiiii buat tipsnya,Mbak :’) hiks,hiks,hiks..sekarang phone memory hp ku udah berubah..dari yang memort phone full jadi 33M yang belum terpake..hiks..hiks..hiks..makasiiii.
    Smg Tuhan selalu membantu dan bersama Mbak yaa ;) salam kenaalll

  23. Kak,,lo hp N73 Q paz masukin kode 12345 salah terus…
    knp yach kak…??
    Q jg punya kendala lain kak..
    hp n73 Q klo lagi standby suka muncul camera…
    kenapa yach..??

  24. klo msalnya udah msukin default number yg 12345 tp ttep ga bsa gmn tuh,,trs sruh msukin yg kode baru,tpi msalahnya kode yg barunya ga tahu,trs kdang2 kdang ad pringtan”kl mmasukan 5kli slah mka kode akan terbuka sndiri stelah 5 mnit”tp ga pnh bsa ni,,

  25. @all
    ad sedikit tips untuk dicoba nih, wa punya hp n73 baru hari ini ngalamin low memory sisa tinggal 300kb,
    ngeliat2 artikel ini wa pengen coba format sendiri, wa backup dlu semua kontak ke memory card
    pas sebelom melakukan hard reset (*#7370#)
    wa cobain dlu ke log (menu >> aplikasi >> log >> geser joystick ke kanan untuk melihat rincian log )
    ngapus log2 sms ,telp dkk
    nah langsung memorinya balik free 32040kb

    sekian dari wa, cara ini bisa ditempuh sebelum melakukan hard reset,kalu bisa khan lumayan nga perlu setting lg dan repot2 balikin contact

    kalo cara ini masih belum bisa baru dicoba melakukan hard reset

  26. saya wktu tu sdh memformat ulang n udh g’ bermasalah,,,trus tiba2 datang lg kata2 “memory low”,,,akhrnya gw format lg smpai berulang-ulang tp tetap sj ad kata tu,,,harus gmn lg nie????

  27. nokia n 73 aku jga ngalamin hal yg sama tpi stlah aku ikutin ptunjuk’y,alhamdullilah dah lancar lgi
    tnx’s tips’y ya?

  28. terima kasih buanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk atas sarannya..
    N73 saya semalem mengalami hal yang sama, sampe gak bisa tidur, akhrnya saya googling dan di arahkan kesini..langsung saja saya coba k *#7370#..berhasil!! tapi waku saya cek memorynya dari yang awalnya full 44MB cuma berkurangn jadi 42MB..
    setelah saya baca semua komen tips call+3+* ternyata memang sangat bisa membuat memory turun drastis.. sekrang free memorynya udah tinggal 39mb..
    BENAR-BENAR BERHASIL!!!! ^_^

  29. hi all.. mau tanya donk..
    kok gw dah format ikutin cara di atas, tetap aja ya n73 gw phone memory na tetap full?
    ada yg tau gk gmn cara bnerin na? T_T
    thanks yoo..

  30. sorry sebelumnya…. gw ada pertanyaan ni.. bukannya kalo hp sering di format mempunyai dampak negatif pada sofwerenya??????? seperti contoh yang saya tau… yaitu bikin cara kerja sofwere tu lemot..

  31. wahhh…
    setelah baca artikael ni Q pengen coba nie, cz N73 Q juga kyak gtu, setiap kali pke mesti ada peringatan memory low…
    mudah”an cara nie bisa sembuhin N73 pnya Q…
    trima kasih sebelumnya

  32. waaah…. makasih sarannya… :)

    . mau tanya doonk…. tombol bidik kamera di N73q kan rusak… itu servicenya kira2 habiiss biaya brp…??

    • slmat pgi pk ea hp nokia n73 aku memori telfon pnuh trus trus aku coba msukin pnghapus data intenetan pakekya kn code tpi nda tau kodenya pk tolong.?

  33. alhamdlh…makasih banget gan atas bantuannya.udah puyeng ni kepala mikir memori penuh mulu,padahal gak dipake apa-apa.
    Sekali lagi makasi gan.

Talk to me. Say hi. Leave traces.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s